Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung Yang Sulit Hilang
Tutorial

4+ Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung

Cara menghilangkan mode aman di Hp Samsung sangatlah mudah. Namun banyak pengguna hp Samsung yang bingung bagaimana cara menonaktifkan fitur tersebut. Bagi yang belum tahu, mode aman atau safe mode merupakan sebuah fitur yang berguna untuk mendiangnosis suatu masalah pada hp Samsung.

Saat Mode Aman diaktifkan maka secara otomatis semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan. Hal ini memungkinkan pengguna hp Samsung untuk mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang mungkin menyebabkan masalah pada smartphone, seperti hang, lag, dll.

Fitur Safe Mode sebenarnya sangat penting. Namun sering kali tidak sengaja diaktifkan sehingga membuat pengguna hp Samsung merasa kebingungan. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara mematikan mode aman di hp Samsung.

Sebelum membahas mengenai cara menonaktifkan mode aman Samsung, silahkan simak terlebih dahulu cara mengaktifkan mode aman Samsung berikut ini.

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung

Untuk mengaktifkan fitur ini ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara yang pertama adalah dengan menekan tombol volume turun ketika menghidupkan smartphone. Apabila memilih cara ini, maka kalian harus terlebih dahulu mematikan smartphone.

Setelah smartphone benar-benar mati, kemudian hidupkan secara normal dengan cara menekam tombol power. Kemudian tekan tombol Volume Turun ketika logo Samsung muncul. Silahkan tekan terus sampai smartphone menyala sempurna.

Apabila dilakukan secara benar maka saat smartphone menyala akan muncul tulisan “Mode Aman” atau “Safe Mode“.  Selain cara tersebut, anda juga bisa mencoba mengaktifkan Mode Aman Samsung dengan cara di bawah ini.

  1. Silahkan tekan tombol power beberapa detik sampai muncul menu Daya Mati, Mulai Lagi, dan Mode Dararut
  2. Selanjutnya tap menu Daya Mati selama beberapa detik.
  3. Setelah itu akan muncul pilihan untuk ketul lagi untuk memulai ulang ponsel dalam mode aman. Silahkan klik icon Mode Aman, lalu secara otomatis smartphone akan restart
  4. Kemudian tinggal menunggu proses restrart selesai dan smartphone akan masuk ke Mode Aman atau Safe Mode.

Setelah mode aman aktif semua aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan. Tampilan smartphone juga kembali ke pengaturan default, baik itu thema, font, wallpaper, dll. Meskipun pengaturannya sudah berubah, namun smartphone tetap bisa digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses internet.

Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung

Bagi yang sengaja mengaktifkan fitur ini, tentu tidak panik. Namun terkadang banyak pengguna hp Samsung yang secara tidak sengaja mengaktifkan fitur Safe Mode. Jika fitur tersebut aktif maka akan muncul tulisan Safe Mode atau Mode Aman pada pojok kiri bawah.

Tulisan Mode Aman tentu sangat menggangu. Terlebih semua aplikasi yang terinstal di smartphone akan dinonaktifkan. Nah agar smartphone bisa kembali normal, maka anda harus menonaktifkan fitur tersebut. Lalu bagaimana cara menghilangkan mode aman di Hp Samsung?

1. Restart

Cara Menghilangkan Mode Aman Samsung

Mode aman di hp Samsung bisa hilang secara mudah dengan cara merestart smartphone. Yah, smartphone hanya perlu direstart dan secara otomatis mode aman akan hilang.

Cara restart hp Samsung untuk menghilangkan mode aman sangat mudah. Cara yang digunakan sama saja dengan restart biasa, yakni dengan menekam tombol power, lalu pilih Mulai Lagi (Reboot).

2. Restart Paksa

Cara Menonaktifkan Safe Mode Samsung

Cara restart di atas tidak akan berhasil apabila smartphone dalam kondisi hang. Nah untuk restart hp Samsung yang hang caranya adalah dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan dalam beberap detik.

Setelah smartphone berhasil restart maka secara otomatis mode aman akan hilang. Metode restart ini juga bisa menjadi solusi bagi yang ingin restart secara mudah dan cepat tanpa perlu menekam tombol di layar.

3. Mematikan Mode Aman Lewat Notification Panel

 Cara Menghilangkan Mode Aman di Hp Samsung

Cara selanjutnya adalah menghilangkan mode aman di hp Samsung melalui notifikasi panel. Pada notifikasi panel akan muncul peringatan bahwa Mode Aman diaktifkan. Silahkan klik peringatan tersebut, lalu akan muncul informasi untuk nonaktifkan Mode Aman.

Untuk menghilangkan mode aman di hp Samsung, silahkan lik Matikan. Setelah itu smartphone akan restart dan mode aman akan langsung dinonaktifkan.

4. Lepas Baterai

Cara menghilangkan mode aman di hp Samsung ini sangat simple. Sebab anda hanya perlu melepas baterai untuk mematikan smartphone. Setelah baterai terlepas, kemudian pasang kembali dan hidupkan smartphone.

Mode aman akan secara otomatis hilang dan smartphone dapat digunakan secara normal. Namun cara ini tidak berlaku untuk hp Samsung baterai tanam. Bagi yang menggunakan hp Samsung jadul seperti J2 Prime baru bisa mencobanya.

Kesimpulan

Seperti yang kalian lihat di atas, cara menghilangkan mode aman di hp Samsung rupanya sangat mudah. Pada intinya kita hanya perlu restart smartphone dan secara otomatis mode aman atau safe mode akan dinonaktifkan. 

Apabila masih ada pertanyaan mengenai Mode Aman atau Safe Mode Samsung, silahkan simak halaman FAQ berikut. 

Apa Fungsi Mode Aman / Safe Mode?

Mode aman berfungsi untuk mengidentifikasi masalah yang terjadi pada sistem operasi hp Samsung. Nantinya fitur ini akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga sehingga pengguna hp Samsung bisa mencari penyebab masalah yang terjadi pada ponsel

Apakah Tulisan Mode Aman di Hp Samsung Berbahaya?

Tidak, jadi anda tidak perlu khawatir.

Kenapa Mode Aman Samsung Selalu Muncul?

Apabila selalu muncul mungkin ada aplikasi yang membuat sistem operasi menjadi error. Untuk mengatasinya kami sarankan untuk melakukan factory reset. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk mencoba cara menghilangkan mode aman di hp Samsung dengan cara di restart.

Apakah Mode Aman di hp Samsung Bisa Hilang Sendiri?

Tidak, agar bisa hilang anda harus mematikan atau merestart smartphone terlebih dahulu

Cukup sekian informasi samsungomnia.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Screenshot Samsung A51” dan beragam informasi seputar smartphone Samsung di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *