3 Cara Mengatasi HP Samsung Yang Hanya Muncul Logo Samsung

Cara Mengatasi HP Samsung Yang Hanya Muncul Logo Samsung -Kerusakan ponsel android memang terkadang bisa terjadi karena beberapa hal. Mulai dari human error sampai dengan kerusakan yang di terjadi karena sendirinya.

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada ponsel samsung adalah blang. Blank atau bootloop mungkin di akibatkan karena gagal update atau faktor lain di dalamnya penyebeb gagalnya software.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP yang hanya muncul logo saja. Bagi yang baru pernah mengalami masalah seperti ini, bisa ikuti langkah-langkahnya sebelum dibawa ke tempat service HP.

Namun sebelum mendatangi tempat service memang ada benarnya dahulu kamu mencoba memperbaikinya sendiri. Pasalnya biaya service yang mahal tidak sebanding dengan cara memperbaikinya yang ternyata cukup mudah.

Cara Mengatasi HP Samsung Yang Hanya Muncul Logo Samsung

Cara Mengatasi HP Samsung Yang Hanya Muncul Logo SamsungNamun ada beberapa mekaniseme yang perlu kamu coba untuk membeperbaiki hp yang stuck di logo saja. Mulai dari melakukan reset sampai dengan menghubungkannya dengan komputer mungkin perlu di lakukan.

Cara ini bisa dilakukan untuk HP Samsung dan HP merek lainnya yang mengalami masalah seperti ini. Agar lebih jelas, bisa ikuti cara-cara dari Samsungomnia.com dibawah ini.

1. Matikan Sementara HP Samsung

Cara Melepas Baterai HP SamsungCara yang pertama untuk mengatasi HP Samsung yang hanya muncul logo saja bisa dilakukan dengan mematikan HP sementara. Cara ini dilakukan agar sistem menjadi segar kembali dan “bug” yang muncul bisa hilang dengan cara ini.

Selain itu, cara ini juga merupakan cara yang sangat mudah dan sangat sederhana untuk mengatasi HP Samsung yang hanya muncul logo saja ketika dinyalakan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, matikan HP Samsung.
  2. Kemudian buka casing dan lepas baterai jika HP tersebut belum menggunakan baterai tanam.
  3. Lalu lepas juga kartu SIM dan kartu memori yang terpasang.
  4. Setelah itu diamkan sementara hingga terasa sudah cukup.
  5. Kemudian pasang kembali semua yang dilepas tadi.
  6. Setelah semua terpasang kemudian nyalakan kembali HP tersebut.
  7. Jika masih belum bisa mengatasi, bisa diulang cara ini berkali-kali hingga HP Samsung menjadi normal kembali.

Carra ini cocok di lakukan untuk HP SAMSUNG BATERAI Yang Bisa Dilepas saja. Karena jika sudah menggunakan baterai tanam saat akan mencopotnya kamu harus membongkar ponsel tersebut.

2. Menghapus Cache HP

Cara Mengatasi HP Samsung Yang Hanya Muncul Logo SajaSetiap HP Android memiliki cache yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam file konfigurasi untuk meningkatkan kinerja pada HP yang digunakan. Namun, semakin lama HP tersebut digunakan maka akan semakin banyak juga data cache yang menumpuk dan hal ini yang biasanya akan menyebabkan HP menjadi error.

  1. Matikan HP Samsung terlebih dahulu.
  2. Kemudian masuk ke mode recovery dengan cara menekan kombinasi tombol Power + Volume Up + Tombol Home secara bersamaan hingga masuk ke menu Factory mode.
  3. Setelah masuk, gunakan tombol volume atas atau bawah untuk mencari opsi “Clear Cache Partition” dan “Clear Dalvik Cache”.
  4. Selanjutnya pilih opsi tersebut dengan menggunakan tombol Power.
  5. Setelah itu, restart HP Samsung tersebut dan tunggu hingga HP tersebut kembali normal.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah seperti ini adalah dengan cara menghapus data cache yang menumpuk pada HP tersebut. Berikut adalah cara untuk mengatasi masalah HP Samsung yang hanya muncul logo saja ketika dinyalakan dengan cara menghapus data cache, simak langkah-langkahnya.

3. Melakukan Factory Reset

Cache SamsungFactory reset merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi masalah seperti ini karena akan menghilangkan sistem yang error hingga tuntas. Untuk masuk ke mode ini caranya seperti cara diatas hanya berbeda opsi saja.

Cara sebelumnya hanya untuk menghapus cache sedangakan cara ini adalah untuk menghilangkan semua data baik dari aplikasi ataupun file media. Jadi untuk melakukan cara ini sebaiknya ditimbangkan terlebih dahulu karena jika dilakukan semua data-data penting bisa ikut hilang, berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, matikan HP dalam kondisi baterai diatas 75%.
  2. Selanjutnya, tekan tombol Home + Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul menu Recovery HP Samsung.
  3. Setelah berhasil masuk ke menu tersebut, maka cari menu “Wipe data/Factory reset” dengan menggunakan tombol volume up dan volume down untuk mencarinya.
  4. Setelah menu tersebut ketemu, maka gunakan tombol Power untuk memilih.
  5. Jika sudah, maka HP akan secara otomatis di reset.
  6. Setelah selesai, maka restart HP dengan memilih menu “Reboot Sistem Now”.

Para pengguna HP Android pastinya ada yang pernah mengalami masalah dengan HP yang hanya muncul logo saja ketika dinyalakan. HP dengan kondisi seperti ini pastinya sangat meresahkan karena tidak bisa dioperasikan seperti biasanya, apalagi HP tersebut digunakan untuk keperluan yang penting.

HP Android yang hanya muncul logo saja biasanya disebabkan karena beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan masalah pada HP yang menjadikan HP tersebut mengalami stuck atau macet di logo.

  • Efek Instal Aplikasi.
  • Efek Root.
  • Efek Instal Root.
  • Kesalahan Sistem.
  • Dan masih banyak faktor lainnya yang menyebabkan HP hanya muncul logo saja saat dinyalakan.

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP Samsung yang hanya muncul logo Samsung saja ketika dinyalakan. Cara-cara diatas bisa dipilih mana yang paling mudah sesuai dengan kondisi HP tersebut untuk mengatasi masalah pada HP Samsung yang hanya muncul logonya saja.

Selain itu, cara diatas juga merupakan cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang pernah mengalami masalah seperti ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat Baca Juga Informasi penting lainnya menggenai Cara Cek Garansi Samsung Online pada Samsungomnia sebelumnya.

Tinggalkan komentar